Penentuan Peserta Seleksi Kompetensi Bidang dalam Seleksi CPNS Tahun 2018 dengan Permenpan-RB Nomor 61 Tahun 2018

BKPPD, Kota Cirebon- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah menerbitkan Peraturan Menteri PAN-RBΒ (Permenpan-RB) Nomor 61 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018.

Terbitnya Permenpan-RB Nomor 61 Tahun 2018 itu merupakan upaya pemerintah memenuhi kebutuhan pegawai negeri sipil di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D).

Pertimbangannya adalah tingkat kesulitan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 yang sangat tinggi, dibandingkan soal SKD tahun sebelumnya, berdampak pada jumlah kelulusan peserta seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 dan terjadinya disparitas hasil kelulusan antar wilayah sehingga berpotensi tidak terpenuhinya kebutuhan/formasi yang telah ditetapkan.

Alokasi penetapan kebutuhan/formasi pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D) perlu dioptimalkan untuk pemenuhan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil yang memadai dan tetap mempertimbangkan kualitas agar fungsi pelayanan pemerintah kepada masyarakat dapat lebih baik.

Dengan Permenpan-RB Nomor 61 Tahun 2018, peserta SKD yang tidak mencapai nilai Passing Grade atau nilai ambang batas berdasarkan Permenpan Nomor 37 Tahun 201 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, otomatis tidak menjadi gugur. Mereka masih memiliki kesempatan bisa melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan syarat menduduki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD yang diatur Permenpan-RB 61/2018.

Dikutip dari laman Setkab, Kamis (22/11), peserta seleksi CPNS Tahun 2018 yang mengikuti SKD dapat melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam Permenpan-RB itu ditegaskan, terdiri atas:

  1. Peserta SKD yang memenuhi Nilai Ambang Batas; dan
  2. Peserta SKD yang tidak memenuhi Nilai Ambang Batas, namun memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD diatur berdasarkan Peraturan Menteri ini.

Peserta SKD yang tidak memenuhi Nilai Ambang Batas namun memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD, menurut Permenpan-RB ini, berlaku ketentuan sebagai berikut:

a. Nilai kumulatif SKD formasi Umum paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima)
b. Nilai kumulatif SKD formasi Umum untuk jabatan Dokter Spesialis dan Instruktur Penerbang paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima)
c. Nilai kumulatif SKD formasi Umum untuk jabatan Petugas Ukur, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, Penjaga Mercu Suar, Pelatih/Pawang Hewan, dan Penjaga Tahanan paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima)
d. Nilai kumulatif SKD formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude) dan Diaspora paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima)
e. Nilai kumulatif SKD formasi Penyandang Disabilitas paling rendah 220 (dua ratus dua puluh)
f. Nilai kumulatif SKD formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat paling rendah 220 (dua ratus dua puluh)
g. Nilai kumulatif SKD formasi Tenaga Guru dan Tenaga Medis/Paramedis dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II paling rendah 220 (dua ratus dua puluh).

Pasal 4 dalam PermenpanΒ 61/2018 menyatakan ketentuan itu berlaku apabila: a. tidak ada peserta SKD yang memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Permenpan-RB Nomor 37 Tahun 2018 atau; b. belum tercukupinya jumlah peserta SKD yang memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Permenpan-RB Nomor 37 Tahun 2018.

PermenpanΒ 61/2018 juga mengatur peserta yang mengikuti SKB dengan ketentuan sebagai berikut:
a. peserta yang memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dan berperingkat terbaik sesuai dengan jenis formasi jabatan diikutsertakan sejumlah paling banyak 3 (tiga) kali jumlah alokasi formasi;
b. apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai kumulatif SKD sama, penentuan didasarkan secara berurutan mulai dari nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); dan
c. apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai TKP, TIU, dan TWK sama, serta berada pada batas jumlah 3 (tiga) kali alokasi formasi, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut diikutsertakan.

Peserta SKB sebagaimana dimaksud berlaku ketentuan sebagai berikut:
a. peserta yang telah memenuhi nilai ambang batas diikutsertakan sebagai peserta SKB kelompok pertama; b. apabila jumlah peserta SKB pada kelompok pertama masih berada dibawah jumlah alokasi formasi, dibuat peserta SKB kelompok kedua yang berasal dari peserta lain yang memenuhi ketentuan dan berperingkat terbaik; c. Jumlah peserta SKB pada kelompok kedua paling banyak 3 (tiga) kali dari selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama; d. Apabila terdapat peserta pada kelompok kedua mempunyai nilai kumulatif SKD sama, penentuan didasarkan secara berurutan mulai dari nilai TKP, TIU, dan TWK; dan e. apabila terdapat peserta pada kelompok kedua mempunyai nilai TKP, TIU, dan TWK sama serta berada pada batas jumlah 3 (tiga) kali dari selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut diikutsertakan.

Ditegaskan dalam PermenPAN ini, peserta SKB berkompetisi pada kelompoknya masing-masing. Sedangkan peserta SKB pada kelompok kedua berkompetisi untuk mengisi formasi sebanyak selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama.

Tatacara Penentuan Peserta Seleksi Kompetensi Bidang dalam Seleksi CPNS Tahun 2018 Berdasarkan Permenpan 61 Tahun 2018

(d’asn-07)

217 Comments

  1. Dear kawan seperjuangan, mungkin sudah saatnya kita tawakal penuh atas semua usaha/ikhtiar kita..
    Kita semua harus ingat, semua sdh tercatat dalam takdir hidup kita.
    Tenangkan jiwa kita, serahkan semuanya pada Allah, iringi harapan kita dengan do’a yg ikhlas.
    Sungguh Dia-lah Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu..
    Salam seperjuangan,

  2. Mimin yg terhormat. Kami mohon besok untuk mengumumkan secara resmi hasil Verval Level 1 oleh BKN. biar kita semua tidak menanti2 dan menunggu terus menerus. Walau kata anji. Ada 1 keyakinan yg membuatku bertahan, kepastian ini kan terbayar nanti…

  3. Kirain info pengumuman yang masuk ke SKB, eh info permenpan RB lagi… Harus sabar ekstra tinggi dan bikin dag dig dug aja nih… Kapan ya pengumumannya???

    • Bisa di pastikan paling cepat besok selasa tanggal 4 des 2018. Hari ini mah mimin nya juga udah di masjid ngimamin sholat…

        • Ini lah ujian semi SKB yg kita hadapi. Menanti update terbaru dari mimin juga bagian dari ujian SKB. Kita berbondong2 melihat website ini tanpa kenal lelah… Mimin juga pasti sudah baca posstingan2 yg kita kirim ke Website ini… Hiduppp MiMiN…

  4. Sudahlah tidak mungkin hari ini. Udah malem, ga mungkin ngurusin kita lg. Thanks min. Saya lelah mantau tiap menit

  5. Mimin. sy kira besok tanggal 4 desember 2018 sudah wajib d publikasikan hasil verval skd di kota cirebon. Jangan buat kami semakin resah min. Belum lagi peserta yg lolos SKB pun harus mempersiapkan segala sesuatunya. Apa lg tes SKB nya nanti di Bandung

  6. Mimin buat saya smpai tahan nafas sjenak, dikira pengumuman ternyata artikel πŸ˜‚ semoga ini clue pengumuman akan sgr dipublikasikan πŸ™

  7. Bukan maksud sy bandingin, maksud sy pengumuman nya di tegal itu rinci. Nah sy juga berharap nanti di cirebon pengumuman nya rinci. Di masing2 formasi, sekokah, puskesmas yg kita tuju. sehingga kita tahu siapa2 saja 3 orang yg lolos seleksi skb di semua formasi / instansi yg d tuju. Klo sekarang y jelas kita gak tw. Orang pengumumannya aja belum

    • klo rinci nya iya…tapi kalau komentar td buat koment yg sblmnya ga nyambung mas, kok dirangking ny itu per sekolahan ya, pdhl di sekolahan lain ad yg bersaing 3 org lolos PG dan hanya akan diambil satu PNS, tapi di sekolahan lain malah merangking yg tidak lulus PG tiga org, pdhl jabatannya sama. Apa g kasian 3 org yg lolos PG ini, kan bs ngisi di sekolahan lain yg ga ad yg lolos PG selama jabatannya sama, brrti yg menentukan ini semua itu nasib milih lokasi ya bukan prestasi…hemmhh, agak sedikit kecewa, tempat lokasi jadiin patokan, pdhl mah org kadang milih lokasi prioritas kedua, yg pnting PNS, klo g milih lokasi jg kan g bs daftar d sscn, dan saya yakin asal masih dalam satu kota mau diletakkin disekolah mana aja jg mau yg pnting udh brusaha lolos PG dan bs jd PNS

    • klo rinci nya iya…tapi kalau komentar td buat koment yg sblmnya ga nyambung mas, kok dirangking ny itu per sekolahan ya, pdhl di sekolahan lain ad yg bersaing 3 org lolos PG dan hanya akan diambil satu PNS, tapi di sekolahan lain malah merangking yg tidak lulus PG tiga org,

    • Semua nya rinci kok.. semarang, dinkes, pemprov smrg.. pasti pemkot crb jg rinci.. nnti keterangannya ada P1/L , P1, P2/L, P2, TL, TH.. performasi dan per sekolah atau puskesmas

  8. Yang paling utama adalah mimin yg baik. Kapan mau mengumumkan di website ini hasil verval SKD oleh BKN?? Kota Cirebon juga sudah level min. Cimahi, Tasik juga sudah mengumumkan di website resmi mereka…

  9. serius lho saya semalem smpe kebawa mimpi klo udah ad pengumuman, pas saya mau baca eh kebangun, pas saya bangun, saya bingung td it mimpi apa emang stengah tidur udh diumumin ya, kan sk tdr pernah stengah kebangun sk cek hp, pas saya cek web, trnyata blm ad pengumuman, brrti td itu mimpi kwkwkwkwkkwk

  10. Makanya sy bilang. Coba download pengumuman hasil SKD yg sudah Verval level 1 di kota tegal. Itu jelas sekali rinciannya. Sy yakin klo anda audah baca hasil d kota tegal pasti Faham. Coba aja skrng browsing dan download pngmmn cpns kota tegal

    • mas atau mbak, yg ditanyakan adalah, kita ikut ga ke tes skb,ikt trmsuk di 3x stiap lokasi formasi ga, kan kta mah g tau siapa aja org yg lolos PG d lokasi tsb, emang kota cirebon kmrn ngumumin nilai SKD disampingnya ad kterangan mereka daftar d lokasi mana nya…hdeuh bingung deh malah bandingin sm tegal, g nyambung sampeyan

  11. Buat lebih jelasnya coba download Hasil Verval SKD di Kota Tegal. Itu sudah sangat rinci sampai per sekolah X / Puskesmas Y dan jumlah peserta yy ikut seleksi di lokasi tersebut.. harusnya d kota cirebon juga begitu…

  12. Memang sudah pernah di publish. Tapi kita gak tw siapa aja yg ikut skd d sekolah tersebut. Contoh peserta SKD di SDN Pelandakan. Kita kan gak tw berapa orng yg ikut seleksi SKD d SDN Pelandakan? Dan siapa2 saja namanya…

    • nah ini bener kyk yg saya koment dtmpt org yg koment sblmnya, nama mungkin jg tau, tp kan g jelas dia itu daftar dlokasi mana dan kta ikt dlm 3x itu apa ga, kta kan jg butuh belajar dll dong…

  13. Peserta SKD dan Hasil SKD sudah pernah di publish.. brrti tgl kita liat saja berapa orang yang ikut SKD untuk jabatan yg dilamar & Nilai hasil SKD dari masing2 peserta.. sehingga kita bisa mengurutkan siapa saja yg lanjut SKB menggunakan 3x jumlah formasi.

    • tapi kan kita g tau ikut SKB apa ga, contoh saya lolos PG, saya kan g tau d lokasi formasi yg saya lamar ad brp org yg lolos PG, klo total yg lolos PG dbidang saya mah tau nama orgnya dan brp jumlah lolosnya, yg jd pertanyaan di lokasi saya itu ad brp yg lolos, apakah saya ikut dlm 3x org tsb yg diberi kesempatan mengikuti skb, itu lho…case setiap org beda2 yg ingin diketahui dr pengumuman ini, klo soal logika yg anda jabarkan td y saya sendiri udh cek, tp bkn soal itu nya

  14. Iya d rangking per sekolah. Otomatis nilai yg lolos SKB di masing2 sekolah / puskesmas / formasi yg di tuju akan berbeda2. Tergantung pesaing kita

  15. Coba kalian semua buka akun twitter BKN.. dan download pengumuman SKD pemkot Tegal.. alhmdllh pengumuman sangat rinci sudah per sekolah yang di tuju sesuai dgn waktu kita memilih formasinya untuk guru. Atau per puskesmasb/ rumah sakit untuk perawat / bidan…

    • Muda2hn nanti sore sudah di umumkan… Jadi idak perlu menunggu besok… Lebih cepat lebih baik… Agar terlihat lebih transparant..

  16. Waalaikum Salam
    Kami baru mendapatkan data dari BKN tgl 1 Des saat ini kami proses membuat penetapan walikota sebelum di publikasikan ke website, mohon tunggu

    NB : itu jawaban dr pemkot crb nya, smg membantu πŸ™πŸ™ sabar ya kawan2 πŸ˜‡

  17. Nunggu apalagi ya? Kalo misal mundur gpp, tp tolong dikasih tau lg di tahap apa.. dan perkiran kapan. Beri kami kepastian huhuhuhuhuhu

  18. Sabarrrrr…. Di Jawa Barat belum ada 1 pun Pemkot / Pemkab yg sudah mengumumkan hasil SKD dari Verval Level 1 BKN….

  19. mohon direspon admin bkd, kalau instansi pemda lain sudah bisa upload cepat cirebon harus seperti mereka memberikan pelayanan cepat, sehingga penilaian bkd cirebon tetap menjadi yang terbaik

      • betul, tapi tolong beri kepastian kapan siap untuk mengumumkan tanggal berapakah supaya yg nenanti tenang, jujur kayak cacing kepanasan bulak balik buka web, tiap beberapa menit, hihihi…

  20. Percuma sih ada kolom tanya gini. Skrg udah ga di balesin dan ga ada kejelasan. Ya semoga aja beneran transparan

  21. Mimin yg baik hati… Kota Tegal udah ngumumin peserta yg lolos SKB… Ayooo mimin Kota Cirebon kapan mau d umumkan nya???

  22. Mau tanya, disini ada yg lolos PG untuk rekam medis di puskesmas Nelayan tidak dan berapa total poin nya…makasih

  23. Mereka lagi libur lah kan minggu, jangan berharap hari ini ada pengumuman, pegawai lagi refreshing berlibur juga sabtu minggu…coba besok senin in sha Allah ada…kalau masih ga ad lagi…tunggu 2019 ya…wkwkkwkw

  24. Iya mimin ku tersayang. Tunggu apa lg. Hasil verval dari BKN udah sampai level 1. Itu artinya udah selesai… Sesuai info dari BKN. Verval ada 4 Level…

  25. Mau tanya dong,
    Kalo seandainya tempat yg kita lamar tidak ada yg nilai nya 255 gimana ya ?
    Apakah di ambil yg terbaik yg di bawah 255, atau di ambil dari yg melamar dari pelamar lain.
    Terima kasih

  26. Itu liat di website resmi bkn.go.id ya. Alhamdulillah… Luar biasa… Tinggal menghitung hari…

  27. Info.. verval kota cirebon udah selesai… mungkin sekarang mimin sedang persiapan posting hasilnya.semoga Allah meridhoi semua usaha kita.aamiin

  28. Aslm.
    Teman teman seperjuangan, Menjadi PNS jangan dijadikan tujuan pertama dan utama, anggaplah itu sebagai bonus dari SANG MAHA PUNYA.
    Ketulusan akan sebuah pengabdian mohon kiranya selalu kita tanamkan dalam kehidupan. Yakinlah, bahwa pahala jauh lebih berharga dari segalanya.
    Kalau semua bukan kita yg peduli, siapa lagi?
    Kalau semua bukan kita yg kembali mengawali, siapa lagi?
    Materi terkadang mengalahkan logika, jika materi tujuan utamanya entah bagaimana jadinya… mohon renungkan itu…
    Negeri ini sangat butuh orang orang yg ikhlas mengabdi…

  29. Perbanyak ibadah sama Allah SWT , Shalawat kpd Nabi Muhammad SAW . Agar selamat di akhirat dunia sementara.

    Kejar akhirat , Jadi ASN mah mengikuti. Insya Allah.

  30. Min…. diem… diem… bae… udah ngopi belooom? Kasian tuh para peserta menunggu kejelasan lulus ke tahap SKB atau enggak.

  31. Sy cuma berharap untuk pengumuman skb ini mimin mencamtumkan nama dan formasi yg d tuju si pelamar CPNS. Bisr kita tahu siapa2 saja yg lolos di satu formasi tersebut… Karena kemarin hanya nma tanpa ada formasi yg d tuju. Jd kita gak tw siapa pesaing kita.

  32. Hehehehe… Ya kita nikmati saja dari detik ke detik. Menit ke menit. Jam ke jam. Dan hari ke hari. Hingga nanti akhirnya mimin bkdiklat cirebonkota ini mengumumkan siapa2 orang yg berhasil lolos seleksi SKB di Kota Cirebon Tercinta ini… Bravo Mimin yg selalu mantap Jiwa

  33. Yakin donk…. Sampe detik ini mimin lg berkeja keras menyelesaikan proses verfikasi dan validasi data….

    • mimin di BKN pusat atau mimin bkd cirebon?
      kl verifikasi kan BKN pusat, emang ampe tggl 30 slsei.. lah kl dr BKN aja tggl 30 baru done , yakin gutu hari itu lgsg publish? biasanya kan ini itu dll dlu di bkd crb nya… hmmm

  34. Horrreeee akhirnya hingga hari rabu tanggal 28 nov 2018 pukul 17.30 belum muncul juga pengumuman nama2 yg llos seleksi SKB kota cirebon

    • sudah mulai upload hasil yg lolos skb satu persatu instansi..
      kl pemkot sudah mohon segera posting supaya yg lolos bs prepare…πŸ™

  35. Semoga tanggal 29 / 30 november sudah ada pengumuman yg lolos seleksi SKB… Di beberapa media menginfokan tanggal 1-4 desember 2018 sudah pelaksanaan tes SKB

    • Klo dari admin bkn resmi…mulai 4 desember mulainya..tp blm tau instansi mana yg mulai.lebih baik liat dari akun resmi daripada media lain.

  36. Biar gak bingung. Ya kita sabar menanti aja pengumuman Nama2 yg llos seleksi SKB d kota cirebon… Semoga akhir bulan ini sudah ada kejelasan

  37. Wajar aja.. kita sama2 penasaran. Sy yakin siapapun yg memantau situs ini akan sangat2 penasaran untuk melihat siapa2 saja yg lolos seleksi SKB. Klo perlu nanti dlm pengumuman nya di cantumkan juga formasi yg d tuju oleh peserta yg lolos tersebut… Semoga akhir bulan ini sudah ada kejelasan…

  38. Bingung deh…calon2 asn emang manusia biasa..tp ya sabar aj knpa sih nunggu keputusan panselnas pusat…katanya mau jd asn..tp liat komen2 kok jd bingung..ini yg komen bakal jd asn apa ya?klo guru?kasian bgt nnti muridnya..klo dokter?kasian bgt pasiennya…klo org yg berurusan sama pelayanan masyarakat?kasin banget rakyat..sabar sabar sabar…belajar aj yg rajin…smg jd asn yg amanah

    • Penasaran itu lumrah setiap orang masih menyimpan harapan. Dan tentunya kita tetap sopan ko dalam bertanya.

    • Biasa aja kali.. semua jg penasaran.. jgn judge begitu.. kaya ga sopan ngomong nya. Emang kenapa sih kalo tanya2 ttg hasil skb? Wajar kan.. malah bilang kasian kasian dan kasian. Situ berasa paling bener amat

  39. Betul. Yg kita butuhkan adalah kesabaran menanti info siapa2 saja yg llos dan berhak mengikuti seleksi SKB di kota cirebon.. bravo Pemkot Cirebon!!!!

  40. Cepet” deh umumin kelulusanya biar bsa prepare ujian slanjutnya dan klo ga lolos ya udh lanjutin lg kehidupannya, tunggu musim cpns selanjutnya lg! Bikin penasaran ajgh πŸ˜₯

    • Ya klo udh lolos psing grade atau skor tinggi siap aja belajr..ga ada yg rugi kok belajar dari sekarang meskipun ternyata ga lolos ke skb.

    • kalau di hasil cat skd gak ada formasinya..
      kalau mau lihat formasi di kelulusan adm..
      mbak/mas buka aja daftar kelulusan adm trus lihat nama2 ada berapa yang sesuai formasi kita(tp tdk ada rincian unit/lokasi) hanya global aja..
      trus dr nama2 itu cari satu2 nilai nya di daftar kelulusan skd… nanti dirangking aja kira2 nilai kita di urutan berapa besar, untuk ancang2

  41. Memang nya di file nama2 yg llos seleksi administrasi ada penjelasan formasinya?? Sy lihat gak ada kok. Jd gi mna kita tahu misalkan si A, si B, atau si C itu formasi apa-apa nya…?

  42. tolong diberi pengumuman list yang lolos untuk mengikuti test SKB dari tiap formasi, agar tidak simpang siur dan jelas semuanya, karena belum ada kepastian berapa dan siapa saja yang lolos pada test kemarin kalau dilihat dari formasi tiap instansi.. terima kasih

    • Betul mas bro……jgn dibuat ada waktu untuk mengumumkannya…..hasil testnya aja langs muncul masa nentuinnya lama bener permenpannya sudah muncul juga aturannya udah jelas apa lg yg ditunggu…..?semakin simpang siur semakin banyak berita dan pikiran yg tidak – tidak akan proses pengumumannya…..yg lolos PG aja bingung apa lg yg gak lolos makin bingung

      • Saya lolos pg..ga bingung kok..lagian kan nunggu hasil dari panselnas pusat..bukan bkd yg nentuin..masyaAllah..sabar sabar..yg ikutan itu banyak…seluruh indonesia…yg baru selesai ujian jg banyaaak…sabar sabar sabar…mau jd asn harus sabar..klo udah jd asn pelayanan ke masyarakat harus cepat tepat dan jangan lupa senyum..hehe

  43. ada data nilai TKD yang dicantumkan formasinya engga ya… yang kemarin di rilis… hanya nilai nya ajka ga ada formasi…

    • Cari sendiri mas/mba..cek aj file yg lolos administrasi..terus liat siapa aj namanya yg satu formasi.liat di file jadwal peserta skd..liat no pesertanya.terakhir cek sesi brp hari apa di file hasil ujian skd.smg membantu

  44. Saking penasarannya, Aq cek satu persatu yg utk formasi guru PAI dari jumlah kuota 49, yg lulus PG dr hasil pengecekanku cuma 2 orang. Wallahu a’lam akurat atau nggaknya.

  45. Pertama Admin apresiasi baik buat Menteri PAN-Rb beserta Tim dan Panselnas Seleksi CPNS 2018 yang sudah merumuskan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan CPNS K/L/D tahun 2018 ini. Admin menyimpulkan Permenpan-RB ini mengatur dua hal utama dalam proses penerimaan CPNS 2018:
    1. tentang penentuan Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang ternyata, dari hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), masih banyak formasi yang tidak mendapatkan peserta SKB-nya karena tidak memenuhi ketentuan nilai ambang batas (Passing Grade/PG). Dalam proses ini semua formasi perjabatan perlokasi akan terisi dengan Permenpan-RB ini, kecuali yang memang tidak ada pelamarnya. Untuk formasi Kota Cirebon hanya formasi dokter Spesialis yang beberapa tidak ada pendaftarnya; dan
    2. Setelah ditentukan peserta SKB-nya kemudian setelah diselenggarakan SKB dan nilainya diintegrasikan dengan nilai SKD, kemudian dirangking dan diisikan ke formasi yang bersesuaian. Ketika masih ada formasi yang kosong atau tidak mendapatkan calon CPNSnya oleh karena memang tidak ada pelamar atau karena peserta gugur, cermati ketentuan tentang hal-hal yang mengugurkan peserta dalam seleksi CPNS Tahun 2018 ini termasuk ketentuan batas nilai peserta SKD yang tidak memenuhi nilai PG yang dapat mengikuti SKB.
    Artikel berita ini baru menjelaskan rangkuman dari Permenpan-RB 61/2018 menyangkut pengaturan hal nomor 1 di atas.

  46. Saran saya , serahkan semua pada Allah SWT jgn tinggalkan 5 waktu , puasa Sunnah , Tahajud , Dhuha sedekah dan ibadah lainnya. Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kita jika tidak lolos semoga digantikan dengan yang jauh lebih baik dari ini . Aamiin.
    Biarkan pemerintah bekerja dgn amanah jangan berprasangka buruk . Berserah dirilah… Allahuakbar

  47. Memang kesulitan ketika mau cek siapa saja yg lolos utk formasi guru PAI SD-misalnya-Majasem. Sebab kita tidak tahu siapa saja yg melamar utk formasi itu. Jika ada yg tahu bagaimana cara mengetahui orang2 nya siapa saja tolong bagi info

  48. Sabar menanti pengumuman resmi terkait pengumuman rangking dari Panselnas, BKN, dan BKD kota Cirebon…
    Semoga termasuk salah satu orang yang beruntung, amiin…
    πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

  49. khusus instansi daerah, dalam hal masih terdapat
    formasi yang belum terpenuhi, dapat diisi dari peserta
    yang mendaftar pada formasi lainnya yang jabatan dan
    kualifikasi pendidikan bersesuaian dari unit
    penempatan/lokasi formasi yang berbeda serta memenuhi
    nilai ambang batas formasi Umum sebagaimana diatur
    dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur
    Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018
    tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar
    dan berperingkat terbaik; dan
    f. khusus instansi daerah, dalam hal masih terdapat
    formasi yang belum terpenuhi sebagaimana diatur pada
    huruf e, dapat diisi dari peserta yang mendaftar pada
    formasi lainnya yang jabatan dan kualifikasi pendidikan
    bersesuaian dari unit penempatan/lokasi formasi yang
    berbeda serta memenuhi nilai kumulatif SKD formasi
    Umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf a dan
    berperingkat terbaik.

  50. Min biar transparan dan tidak membingungkan…tolong umumkan nama2 yg bisa lanjut ke SKB… Biar jelas dan terlihat transparan..

    • Kayanya yg nentuin itu panselnas pusat deh..jd bkdkota crb jg blm bisa umumin klo pusat aja blm ngasih laporannya…cmiiw

    • Mudah2an seluruh… biar fair…
      Sebab… kalau berdasar lokasi formasi kemungkinan akan tidak seimbang.
      Misal… di 1 SD nilai terkecil dari tiga besar adalah 290. Bisa jadi di SD lain nilai terkecil dr 3 besarnya 330, atau malah 225.

  51. Saran saya ,tlong utk jumlah yg masuk SKB dijelaskan dlam stiap formasi ,contoh jumlah SKB utk formasi umum instansi BKD ada berapa orang dst jgn di akumulasi dari smua formasi biar gg bingung..

  52. Saya ingin menanyakan itu contoh kasus 1-9 sama jabatan atau beda2 y, karena jika jabatan sama hanya beda lokasi, saya menyayangkan di kasus 3, ad 1 kursi jabatan dan ad 5 org yg lolos PG, yg diambil ikut SKB hanya 3 orang, sedangkan dg jabatan yg sama di lokasi lain banyak yg kosong tdk lolos PG, mengapa 4 org ini tidak di tempatkan di lokasi yg kosong saja dan memprioritaskan yg lulus PG, jika hanya krn lokasi, brrti yg lolos PG kalah dg yg tdk lolos PG. Peserta hanya ingin menjadi pns, soal lokasi itu nmr kesekian, pasti harapan yg berjuang lolos g masalah ditempatkan d tempat manapun yg tdk sesuai pilihan jg asal masih satu kota, jika benar adanya hanya melihat lokasi yg dipilih peserta, maka kasian yg sudah lolos PG dan hanya bisa mengadu nasib krn memilih tmpt yg kurang tepat bkn berdasar kemampunnya. Beda kalau kasus 1-9 beda2 jabatannya yg dibutuhkan, saya setuju saja kalau memang di jabatan tsb tdk ad yg mendaftar. trimakasih

  53. Maaf mau sedikit kasih komentar, untuk contoh kasus di Kasus 3, jika kasus 1-9 adl satu jabatan yg dipilih, kasian kasus 3 nya, karena ad 5 org yg lulus PG, dan krn dibutuhkan 1 orang saja dilokasi yg dpilih, 2 orang lolos PG tdk ikt SKB, pdhl di Kasus 1-9 itu ad lokasi kosong yg tdk lulus PG, knp tidak prioritaskan dl dr yg lolos PG untuk isi jabatan yg sama dilokasi lain, brrti yg lolos PG kalah dg yg tdk lolos PG, karena terbuang hanya krn memilih lokasi itu, sedangkan di lokasi lain yg kosong namun satu jabatan malah memilih yg tdk lolos PG, maaf mau tanya kasus 1-9 itu maksudnya beda2 jabatan yg dilamar atau satu jabatan yg dilamar ya, karena stiap peserta sebenarnya hanya ingin diberi kesempatan menjadi pns, lokasi adalah minat kedua, bisa ditempatkan dimanapun tdk masalah lokasi kerja asal masih satu kota, jd sebaiknya lokasi jngn menentukan rizki menjadi pns, tapi benar2 lolos PG yg menentukan dan didahulukan. makasih

  54. Tolong Umumkan siapa saja yg lolos di masing2 formasi. Contoh Guru SD Kartini? Siapa nama2 yg lolos Untik seleksi SKB nya. Begitu juga di formasi2 lain nya. Biar masyarakat bisa tahu dan melihat secara jelas rincian nama2 yg lolos seleksi SKB

    • Sabar mas/mba…bkd jg blm bisa ngumumin klo blm ada laporan resmi dari bkn.klo mau liat aja di peserta skd yg lolos passing grade berapa.bisa dijadikan acuan.tp harus sabar pas ngecek krn lumayan lama dan manual.hehe

      • Klo saya ngecek satu2 nama2 peserta di formasi saya berapa PG skd..jadi udah tenang…dan udah foto jg hasil nilai skd di hotel radiant yg dipajang di tv..hehe jd awas aja klo berubah..saya punya bukti..hehe

          • Liat di nama2 lolos seleksi administrasi…terus liat no peserta di nama peserta skd..terus cek deh di hasil ujian skd..pake 3 file yg dilihat…

          • Gimana taunya kalo misal si A itu ngelamar di formasi yg sama dengan kita contoh nya di sdn kebon baru 2? Kan di keterangan lulus administrasi ga di cantumin lokasi formasinya

  55. Alhamdulillah Δ·eluar juga keputusanya..yg lolos PG tetap lolos jika mmnuhi 3*jmlh formsi.berarti utk yg kekurangan peserta yg lolos dan formasi yg kosong/tidak ada yg lolos PG maka digunakan perangkingan.ditunggu pengumuman yg ikut skb ya min…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *